Selasa, 21 Desember 2010

laut es

Laut Es
Pada rata-rata jangka panjang, Laut Baltik adalah es tertutup untuk sekitar 45% dari luas permukaan yang maksimal setiap tahunnya. The area yang tertutup es selama musim dingin seperti biasa termasuk Teluk Bothnia , di Teluk Finlandia , Teluk Riga , Väinameri di kepulauan Estonia, di kepulauan Stockholm dan Laut Kepulauan . Sisa dari Baltik sendiri tidak membeku selama musim dingin normal, dengan pengecualian teluk terlindung dan laguna dangkal seperti Curonian Lagoon . Es mencapai batas maksimum pada bulan Pebruari atau Maret, ketebalan es khas di wilayah utara di Teluk Bothnian , cekungan utara Teluk Bothnia, adalah sekitar 70 cm (28 in) untuk es landfast laut. Penurunan ketebalan lebih jauh ke selatan.

Pembekuan dimulai di pantai utara Teluk Bothnia biasanya di pertengahan November, mencapai perairan terbuka Bothnian Teluk pada awal Januari. The Sea Bothnian , baskom selatan itu, membeku rata-rata pada akhir Februari. The Gulf of Finland and the Gulf of Riga freeze typically in late January. Teluk Finlandia dan Teluk Riga beku biasanya pada akhir Januari.

Besarnya es tergantung pada apakah musim dingin ringan, sedang atau berat. Severe winters can lead to ice formation around Denmark and southern Sweden . musim dingin yang berat bisa menyebabkan pembentukan es di sekitar Denmark dan selatan Swedia Menurut William Derham selama musim dingin yang parah dari 1703 dan 1708 es penutup merembes sampai ke Selat Denmark, bagian dari Teluk Bothnia dan Teluk Finlandia, di samping lokasi pinggiran pantai di selatan lebih seperti Teluk Riga.. Dalam beberapa tahun terakhir musim dingin yang khas hanya memproduksi es di kaki utara dan timur Laut. [ 6 ] Pada tahun 2007 hampir tidak ada pembentukan es kecuali untuk periode singkat pada bulan Maret. [6]

. Pada musim semi, Teluk Finlandia dan Bothnia biasanya mencair pada akhir April, dengan beberapa pegunungan es bertahan sampai Mei di timur Teluk Finlandia. Di utara mencapai dari Teluk es Bothnian biasanya tetap sampai akhir Mei; oleh awal Juni secara praktis selalu pergi.

Selama musim dingin, es cepat , yang menempel pada garis pantai , mengembangkan pertama, rendering port tidak dapat digunakan tanpa jasa pembuka percakapan . es Tingkat , lumpur es , pancake es atau es kasau bentuk di daerah lebih terbuka. Kemilau hamparan es mirip dengan Kutub Utara , dengan didorong pak es-angin dan punggung hingga 15 m, dan dicatat oleh orang dahulu. Lepas pantai es es landfast tetap sangat dinamis sepanjang tahun, karena ketebalan yang relatif mudah dipindahkan sekitar oleh angin dan karena itu membuat atas pegunungan yang besar dan tumpukan melawan es landfast dan pantai.

Penutup es merupakan habitat utama hanya untuk beberapa spesies yang lebih besar. Terbesar dari mereka adalah segel yang baik pakan dan berkembang biak di atas es, meski es pelabuhan laut juga beberapa spesies alga yang hidup di bawah dan di dalam air garam dalam kantong es.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar