Senin, 10 Januari 2011

Tips mencegah kesalahan medis/malpraktek

Terkadang tidak ada yang bisa dilakukan untuk terhindar dari hal hal yang berbau kesalahan medis/malpraktek. Namun para ahli di Akademi Kedokteran Bedah Amerika tidak setuju dengan pendapat tersebut. Mereka beranggapan bahwa ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk terhindar atau mengurangi terjadinya kesalahan medis/malpraktek.

*
Bertanyalah setiap dokter melakukan pemeriksaan dan saat diberikan obat. Tanyakan tujuan pemeriksaan dan fungsi masing masing obat yang anda terima.
*
Pastikan bahwa setiap pekerja kesehatan yang anda temui mengetahui riwayat kesehatan anda termasuk masalah alergi dan obat obatan yang anda pernah konsumsi.
*
Ajaklah keluarga atau teman dekat saat anda ke klinik pelayanan kesehatan sehingga keluarga atau teman anda tersebut dapat membantu memastikan bahwa pelayanan kesehatan yang anda terima sudah aman dan tepat.
*
Periksa kembali obat obatan yang anda terima di apotek apakah sudah sesuai dengan resep yang diberikan dokter.
*
Jangan lupa membawa kartu berobat setiap kali anda ke tempat pelayanan kesehatan yang sama sehingga riwayat kesehatan anda sebelumnya bisa dibaca dengan baik.
*
Ingatkan perawat untuk mencuci tangannya setiap kali menyentuh anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar